Home Halaman Utama

Bak_Induk_Bandeng_BPBAP_Situbondo

Komoditas ikan bandeng saat ini belum menarik untuk  dibudidayakan secara intensif karena secara hitungan analisa ekonominya belum  memberikan tingkat keuntungan yang tinggi bila dibandingkan dengan budidaya udang vaname. Harga pasaran pada tingkat konsumen sekitar  Rp.26.000,-/kg masih belum menjadi daya tarik tersendiri karena masih berada  di bawah harga komoditas ikan laut lainnya seperti ikan kerapu, kakap merah, kakap putih, bawal bintang dan sejenisnya. Sedangkan pada tingkat petambak harga per kg berkisar antara Rp.15.000,- sampai Rp.20.000,-dengan fluktuasi tergantung musim panen bandeng.

Read more...

 

Pakan_Mandir_BPBAP_Situbono

Target produksi hasil perikanan dari kegiatan budidaya perikanan pada tahun 2016 adalah sebesar 19,4 juta ton, dan pada tahun 2017 lebih meningkat lagi sesuai dengan rencana peningkatan sebesar 22,46 juta ton. Salah satu institusi sebagai penanggung jawab pencapaian target tersebut adalah Direktorat jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan. Di samping itu kerja sama dan saling mendukung bersama Dinas Kelautan dan Perikanan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sangat diharapkan untuk tujuan mulia tersebut.  Salah satu aspek produksi penting sebagai penopang kegiatan budidaya perikanan adalah ketersediaan pakan yang memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Read more...

 

Super_Charge_di_Bak_Udang

Tampak terlihat dua buah kincir berputar pada bekas bak tandon yang sudah tidak terpakai pada Instalasi Gelung, di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Warna air kecoklatan di bawah kerangka atap yang sebagian besar tutupnya terbuka semakin mendorong keingintahuan  untuk melihat lebih dekat apa sebetulnya yang dilakukan pada instalasi yang berjarak sekitar 17 km dari kantor pusat Pecaron.   Instalasi Gelung merupakan unit kerja di bawah Balai Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo yang secara khusus mengembangkan komoditas udang vanname baik produksi benih, pembesaran maupun produksi calon induk.

Read more...

 

Lab_Planton_BPBAP_Situbondo

Kultur pakan alami baik fitoplankton maupun zooplankton sangat strategis peranannya dalam dunia aquaculture baik untuk budidaya perikanan air tawar, air payau maupun laut. Sebagai kegiatan hulu, kegiatan kultur pakan alami merupakan bagian tak terpisahkan dan harus disiapkan sebelum kegiatan pembenihan dilakukan. Hal ini berkaitan dengan fungsi dari pakan alami baik sebagai pakan utama larva ikan maupun fungsi penyeimbangan lingkungan (media pemeliharaan) yang layak untuk tempat tumbuh kembangnya larva ikan dari telur sampai ukuran benih.

Read more...

 

Bantuan_Benih

Penyerahan bantuan secara simbolis

Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo siang kemarin 18/5/2016, menyerahkan bantuan benih ikan kerapu dan calon induk udang vaname.  Bantuan secara simbolis ini diserahkan langsung oleh Kepala BPBAP Situbondo Ujang Komarudin kepada Kelompok Pembudidaya Ikan Karamba Jaring Apung (PPIK) dan Kelompok Pembenih Ikan Laut (PERPILA).  Penyerahan bantuan ini berlangsung di Sentra Budidaya Karamba Jaring Apung, Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, Muspika Kecamatan Kendit, Kelompok Pembudidaya Ikan Karamba Jaring Apung dan Kelompok Pembenih Ikan Laut.

Read more...