Home

 

SURVEI LOKASI KEGIATAN DISEMINASI BUDIDAYA BANDENG

( Chanos chanos Forsk )

Oleh :

TIM DISEMINASI BUDIDAYA BANDENG

I. PENDAHULUAN


1.1.         Latar Belakang

Industrialisasi Kelautan dan Perikanan adalah proses perubahan sistem produksi hulu dan hilir untuk meningkatkan nilai tambah, produktivitas, dan skala produksi sumberdaya kelautan dan perikanan, melalui modernisasi yang didukung dengan arah kebijakan terintegrasi antara kebijakan ekonomi makro, pengembangan infrastruktur, sistem usaha dan investasi, IPTEK dan SDM untuk kesejahteraan rakyat.

Bahwa untuk mendukung suksesnya program ini maka perlu penyamaan program-program yang akan dilaksanakan BBAP Situbondo dengan program industrialisasi perikanan tersebut. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan BBAP Situbondo harus ditekankan atau difokuskan pada kegiatan industrialisasi perikanan.

Ada enam komoditas yang menjadi fokus dalam peningkatan produksi yang dikembangkan di kawasan-kawasan yang menjadi sentra komoditas tersebut. Enam komoditas tersebut adalah bandeng (Indramayu, Pinrang, dan Tulang Bawang); rumput laut (Polewali, Sumbawa, dan Minahasa Utara); Nila (Musirawas); Lele (Boyolali); Patin (Banjar); dan Bandeng (Gresik)

 

1.2 Kerangka Pikir

Salah satu langkah yang ditempuh oleh Balai Budidaya Air Payau situbondo dalam rangka mensukseskan program industrialisasi perikanan adalah dilakukannya revitalisasi tambak bandeng di Pantai Utara Jawa khususnya di daerah gresik.

1.3 Tujuan

Tujuan dari revitalisasi tambak ini adalah untuk meningkatkan produktivitas tambak-tambak bandeng, memulihkan pantura sebagai sentra produksi perikanan, mendorong peningkatan nilai tambah produksi perikanan untuk pasar nasional dan global, meningkatkan pendapatan dan membina usaha budidaya, pengolahan, dan pemasaran skala UMKM, dan membuka lapangan kerja nelayan untuk masuk ke dalam sistem produksi budidaya, sebagai pekerja alternatif seperti penanganan, pengelolaan dan perdagangan

1.4 Sasaran

Sasaran dari diseminasi teknologi tambak bandeng adalah teradopsinya teknologi budidaya yang baik dan benar oleh masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan bandeng itu sendiri.

 

1.5. Waktu dan Tempat

Waktu pelaksanaan survei lokasi kegiatan diseminasi budidaya bandeng ini dilaksanakan pada tanggal  11 – 12  Februari 2013 di Kabupaten Tuban, Lamongan dan Gresik. Lokasi survei di Kabupaten Tuban dilakukan kawasan Bancar, kawasan Sowan, kawasan Gading dan kawasan Panyuran.

Last Updated (Thursday, 03 October 2013 13:47)

Read more...

 

Alur Pelayanan Magang/PKL/Penelitian/Pelatihan

Untuk kegiatan magang I PKL I Penelitian oleh stake holders/Masyarakat:

  1. Stakeholders datang ke BBAP Situbondo melapor ke satpam & mengisi buku     tamu, menuju kantro    Standardisasi & informasi
  2. Staf/pelaksana standardisasi & informasi menerima stakeholders yang akan melaksanakan kegiatan     pembelajaran (PKL/magang/penelitian)
  3. Stakeholders mengisi buku tamu
  4. Pelaksana memberikan pengarahan (mengenai tata tertib & aturan yang berlaku di BBAP                        Situbondo), menunjuk pembimbing lapang & membuatkan surat tugas               pembimbing serta          jadwal kegiatan

Last Updated (Wednesday, 22 October 2014 08:37)

Read more...

 
I. Pendahuluan
 A. Latar Belakang

          Pencapaian angka 353% produksi perikanan budidaya pada tahun 2015 bukanlah sesuatu yang mustahil. Melihat potensi pengembangan perikanan budidaya yang masih sangat luas maka hal tersebut dapat dicapai dan cita-cita untuk menjadi yang terbesar akan terwujud jika dibarengi dengan  ketekunan dan kerja keras.

Untuk mewujudkan target tersebut, maka arah kebijakan perikanan budidaya yaitu :

  • Program percepatan peningkatan produksi perikanan budidaya untuk ekspor (Propekan) dengan fokus peningkatan daya saing melalui pengembangan dan penguatan penerapan teknologi yang super efisien dan ramah lingkungan;
  • Program percepatan peningkatan produksi perikanan budidaya untuk konsumsi ikan masyarakat (Proksimas) dengan fokus peningkatan komoditas yang mudah dikembangkan, penguatan komoditas spesifik daerah dan pengembangan kolam pekarangan masyarakat;
  • Program perlindungan dan rehabilitasi sumberdaya perikanan budidaya (Prolinda) dengan fokus peningkatan kepedulian masyarakat pembudidaya ikan dalam pelestarian ekosistem sumberdaya perikanan budidaya.

 Capaian peningkatan produksi perikanan budidaya 353% dapat ditunjukkan dengan outcomes indicator :

  • Volume dan nilai produksi perikanan budidaya;
  • Volume produksi perikanan budidaya untuk konsumsi ikan masyarakat;
  • Volume produksi budidaya untuk ekspor;
  • Jumlah tenaga kerja yang terserap.

Dengan target peningkatan produksi 353% seperti yang telah diuraikan di atas, maka strategi difokuskan pada tiga hal mendasar dalam strategi dasar pencapaian produksi yakni :

  • Ekstensifikasi, memperluas dan atau menambah unit usaha budidaya.
  • Intensifikasi, meningkatkan produktivitas dari setiap unit usaha budidaya.
  • Diversivikasi, menambah jenis/komoditas yang diusahakan.

Last Updated (Wednesday, 18 December 2013 07:39)

Read more...

 

Laboratorium Keliling Sidarjo 2013SIDOARJO, 12 Juni 2013. Balai Budidaya Air Payau Situbondo melakukan Pelayanan Terpadu Mobil Laboratorium Keliling yang dikemas dalam satu kegiatan bersinergi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Sidoarjo dalam Temu Teknis Petambak Udang yang dilaksanakan selama sehari mulai dari pukul 09.30-14.00 WIB.

Mengawali acara dilakukan pembukaan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan didampingi staf dan wakil dari BBAP Situbondo. Temu teknis dan Pelayanan terpadu mobil laboratorium keliling dihadiri 50 orang terdiri dari kelompok pembudidaya udang intensif, para suplier pakan udang dan obat ikan, personel laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan dan Pakan Alami BBAP Situbondo. kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Kali Pecabean Kecamatan Candi, Sidoarjo. Selanjutnya Alfi Handayani, S.Pi, MP selaku moderator acara merangkai kegiatan temu tekis tersebut dengan pemaparan materi budidaya udang yang disampaikan oleh Pengawas Perikanan Muda BBAP Situbondo, Ir. Moh. Affandi dengan materi CBIB dan Tim supervisor Comfeed tetang budidaya udang di tambak.

Read more...

 

Laboratorium Keliling LamonganBalai Budidaya Air Payau Situbondo mengadakan kegiatan pelayanan Laboratorium keliling di wilayah Kabupaten Lamongan bersamaan dengan diselenggarakannya Kampanye Vaksinasi Ikan pada tanggal 19 Juni 2013 di Gedung Pertemuan KPRI Handayani, Jl. KH. Ahmad Dahlann No. 75 Lamongan. Kegiatan dihadiri kurang lebih 100 orang dari Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jatim, Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Lamongan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Tuban, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Gresik, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Situbondo, BPBAP Bangil, kelompok pembudidaya ikan/udang wilayah Lamongan, Tuban dan Gresik, Akademisi di Lamongan, Tuban dan Gresik, Kepala BBAP Situbondo, personel laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan dan Pakan Alami BBAP Situbondo.

Read more...

 
Who's Online
We have 5 guests online