Program Revitalisasi KJA BPBAP SITUBONDO “upaya membangkitkan kembali usaha budidaya laut”

6 November 2018 Budidaya 0 Comments

Program Revitalisasi KJA BPBAP SITUBONDO “upaya membangkitkan kembali usaha budidaya laut” Tahun 2018 BPBAP situbondo memiliki program revitalisasi KJA pada tiga kabupaten (Bangkalan, Situbondo dan Buleleng) Revitalisasi KJA ini dilakukan dalam upaya optimalisasi KJA masyarakat yang semula tidak operasional agar kembali produktif. Dengan total bantuan sebanyak 13.800 ekor benih kerapu, 8.000 ekor benih kakap, 16.340 kg pakan, 66 bag vitamin untuk ikan di tiga kabupaten (Bangkalan, Situbondo, dan Buleleng).

Tanggal 16 Oktober 2018 Balai Perikanan Budidaya Air Laut (BPBAP) Situbondo mengadakan temu lapang dengan para penerima bantuan, bertempat di Auditorium Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan Madura. Acara temu lapang dibuka langsung oleh kepala BPBAP Situbondo Ir. Ujang Komarudin Asdani Kartamiharja,M.Sc dan dihadiri perwakilan Dinas Kelautan Bangkalan serta para kelompok penerima bantuan yaitu Pokdakan Sukses Makmur, Pokdakan Setia Usaha serta Pokdakan KUB Harapan Jaya.

Dalam sambutannya bapak kepala balai menghibau bahwa bantuan yang diberikan hendakknya dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya, menjadikan pelecut semangat kelompak yang selama ini seakan “mati suri”. Paket bantuan yang diberikannnya pada 3 kelompok berupa 8.000 ekor benih kakap ukuran 10 – 12 cm dengan rata – rata berat 50 gr up, pakan sebanyak 5.760 kg, vitamin 24 bag serta sarana jaring sebanyak 15 unit. “Kita ingin membangkitkan kembali usaha budidaya laut di Bangkalan ini, kelompokkelompok pembudidaya yang dipilih untuk mendapatkan bantuan juga telah kami identifikasi secara cermat melalui tim pengawas perikanan BPBAP Situbondo, sehingga diharapkan dapat langsung memberikan efek yang positif pada perkembangan usaha budidaya laut di Madura,” sambungnya. Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo akan terus mengawal program Revitalisasi Karamba Jaring Apung (KJA) serta selalu bersinergi dengan dinas terkait dan para kelompok pembudidaya penerima bantuan dalam menyukseskan salah satu program prioritas nasional yang terus difokuskan dalam membantu pelaku usaha perikanan.