Temu lapang dan penyaluran bantuan revitalisasi karamba jaring apung (KJA) budidaya laut di Kabupaten Buleleng, Bali

31 Oktober 2018 Budidaya

Balai Perikanan Budidaya Air Laut (BPBAP) Situbondo mengadakan temu lapang dengan para penerima bantuan yaitu para pembudidaya KJA di Desa Sumber Kima, Kec. Gerokgak, Buleleng, Bali. Pertemuan mengenai penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh 3 kelompok penerima bantuan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, dan Perbekel Desa Sumber Kima. Paket bantuan yang diterima oleh para pembudidaya berupa benih ikan kerapu, pakan, dan obat-obatan.

Menurut BPBAP Situbondo yang diwakili oleh Bapak Ir. Made Yodriksa, bantuan yang disalurkan di Kabupaten Buleleng ini sebanyak 6.000 ekor benih ikan kerapu, 4.5 ton pakan, dan 17 bag vitamin. “Penyaluran bantuan ini untuk mendukung peningkatan produksi perikanan budidaya di Kabupaten Buleleng, serta untuk mengoperasionalkan kembali keramba-keramba milik masyarakat yang sudah lama tidak operasional”, terang Made Yodriksa dalam temu lapang di aula Desa Sumber Kima, Jumat (19/10).

Bapak Yodriksa menambahkan, tahun 2018 BPBAP Situbondo menargetkan untuk menyalurkan  bantuan dalam rangka revitalisasi KJA sebanyak 13800 ekor benih kerapu, 8000 ekor benih kakap, 16.340 kg pakan, 66 bag vitamin untuk ikan di tiga kabupaten (Bangkalan, Situbondo, dan Buleleng). Di samping itu melalui program ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pembudidaya ikan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kepala Bidang Produksi Perikanan, Bapak Gusti Putu Adnyana, SP yang menyatakan bahwa akan membantu mengawal kegiatan ini.

Program revitalisasi Keramba Jaring Apung (KJA) mulai digulirkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2017 yang menargetkan sebanyak kurang lebih 1000 lubang yang tersebar di berbagai sentral produksi budidaya. Revitalisasi KJA dilakukan dalam upaya optimalisasi KJA masyarakat yang semula tidak operasional agar kembali produktif.